Selasa, 18 Mei 2010

Pengamalan Agama pada Remaja Masa Kini

Agama adalah suatu kebutuhan bagi setiap insan, oleh karenanya setiap manusia wajib mempunyai agama/ber-agama, tentunya agama mempunyai rambu-rambu (ajaran2) yang diperuntukan bagi pemeluk agama. Seseorang yang ber-agama akan lebih baik di dalam hidupnya apabila melaksanakan rambu2 agama atersebut, sebab di dalam rambu2 tersebut pasti dituntun ke arah kebaikan baik hidup di dunia maupun di kehidupan akhirat kelak.
Pada era globalisasi, era modernisasi, era demokrasi ini banyak kalangan remaja yang kurang bahkan tidak mentaati rambu2 agama yang dia punya, hal ini banyak disebabkan krn kaum remaja dipengaruhi oleh faktor2 :
1. Pergaulan
2. Kurang pengawasan orang tua
3. Pendidikan

Faktor pergaulan yang bebas dan tidak memperhatikan norma2 agama, sangat dominan terhadap pengaruh bagi remaja untuk meninggalkan rambu2 agamanya, sehingga semakin lama semakin terlupakan dan tidak pernah lagi melaksanakan ajaran2 agama. .......

3 komentar:

  1. memang agama adalah naluri yang selalu ada pada diri manusia, naluri untuk menggungkan sesuatu.
    dalam hidup ini ada suatu pilihan mau bahagia atau sensara, mau surga atau neraka. dan untuk menuju tujuan itu pasti ada jalan, satu2nya jalan yang benar adalah islam. itu lah fenomena manusia yang semakin jauh dari tuhanya, yang hanya memikirkan dunianya saja. menggap agama hanya sebgai identitas KTP ja, bahkan ada juga
    "menggaku dirinya islam tapi anti hukum islam" lucu to??

    BalasHapus
  2. betul-betul, itu juga yang saya tangkap sekarang ini. banyak kenakalan remaja yang terjadi meskipun orang tuanya atau keluarganya agamanya kuat, anak pak haji misalnya tidak menuntut kemungkinan dia seperti anak perampok. ada juga yang sebaliknya. Tapi biasanya anak pesantren setelah pulang kerumah dan bergaul dengan anak yang tidak dari pesantren, kenakalannya lebih tinggi dari anak yang bukan dari pesantren. kalau ada yang tersinggung, sory ya karena ini menurut pengamatan saya seperti itu, sukur2 kalau pengamatan saya salah.

    BalasHapus
  3. agama merupkan landsan bagi setiap pemeluknya tapi kadang kala pemeluk itu sendiri yng tdk melksnakan rambu2 tersebut,,,,nah,lantas bagaimna dengan zaman skarang ini yang lebih mementingkan kehidupan yang bebas,artinya bagiman peran agama dalam modernisasi skarang...?

    BalasHapus